PROSES KREATIF : BUKU SERI ROBOT "ROBO PATROL"



BAGAIMANA SIH, POSES PEMBUATANNYA?

“Mas, buku kita kali ini bertema Robot, ya?”

Demikian yang disampaikan seorang Mas editor, yang saya kenal baik, saat mengajak saya kembali untuk menulis proyek lanjutan. Apa? Robot? Wah... saya sukaaa! Maka yang bermunculan dalam benak saya saat itu adalah tokoh-tokoh fantasi jaman saya kecil. Voltus dengan aksi heroik dan kelompoknya. Kemudian Megaloman, yang gagah perkasa dengan aksi rambut apinya yang mematikan. “Megaloman... Fireee!”. Wuzzz, wuzzz! 




Selama ini, kebanyakan proyek menulis saya memang bercerita seputar dunia anak laki-laki. Entah, mengapa? Saya ingat, saat pertama kali saya menulis novel, editornya terkesima karena gaya bercerita saya. “Laki-laki, banget!”, demikian komennya, setelah membaca cerita anak saya dengan tema sepeda. Saya sendiri tidak ambil pusing, bahkan senang dengan predikat tersebut. Bagi saya, bagian terpenting saat menulis adalah imajinasi yang dapat saya wujudkan dalam susunan kata.

Keyakinan saya akan hal itu makin bertambah, saat saya menerima tawaran menulis lanjutan. Kali ini berkisah tentang dunia sepak bola. Saya memang menyukai tulisan yang berbau sportifitas.Walapun pada kenyataannya, saya akan lebih memilih olah raga badminton, ketimbang sepak bola. Hihi. Tidak ada alasan kenapa dalam hal ini.

Maka setelah buku tema sepak bola dengan judul ‘Tendangan Si Madun’ dan ‘Kesebelasan Garuda Muda’ terbit, buku dengan tema robot sangat menggugah antusias saya. Saya tidak keberatan jika akan diidentikkan sebagai penulis, spesial buku anak yang bernuansa laki-laki. Keberuntungan saya!  Kabarnya, buku robot yang kami garap ini, proses terbitnya disesuaikan dengan rilis film Transformer, yang rencananya jatuh pada pertengahan tahun 2017! Aih, keren, lah...

Kembali ke topik!  Harapan saya untuk segera menyelesaikan tulisan membuat saya serius dan semangat menggarapnya. Alhamdulillah, dalam waktu yang tidak lama, draft naskah pun selesai. Setelah proses diskusi, buku ini akan terbagi dalam 3 seri. Masing-masing seri, akan menceritakan pertarungan robot di darat, air dan udara. Hampir tidak ada kendala selama proses menulisannya. Saya mencoba mencari referensi dan menyusun cerita, hingga terbentuk konsep bukunya. Apalagi ada ‘teman kecil’ yang selalu asyik diajak berdiskusi. Kaysan Hero! 

Diskusi pendek dengan Kaysan, banyak mambantu saya mendapat inspirasi cerita. Dengan melibatkannya, saya lebih mudah untuk menangkap karakter tokoh-tokoh yang harus dimainkan. Singkat cerita, penyusunan naskah berjalan sesuai rencana. Kaysan juga orang pertama yang saya beritahu, saat saya mendapat email balasan dari editor. Ia jadi tahu, alur pembuatan naskah hingga diterbitkan dalam bentuk buku. Kaysan juga nampak antusias, saat melihat tokoh demi tokoh yang kami ceritakan bersama, muncul dalam sebuah bentuk ilustrasi yang menarik. Intinya, kami sama-sama belajar dan menikmati proses ini.

KESULITAN DALAM MENYUSUNNYA?

Buku ini unik dalam proses penulisannya. Terutama dalam bagian yang harus memunculkan karakter tokoh robot yang cukup banyak. Saya menikmati proses pembuatan buku ini. Rasanya tidak ada yang sulit. Bagian yang menantang, jutsru saya temui saat harus memberi nama tokoh. Ya. Saya harus memberi nama delapan belas robot yang saya ciptakan, dengan karakternya masing- masing. 

 
KELEBIHAN BUKU INI?

Semuanya harus berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan jalan cerita. Tidak seperti naskah cerita dalam novel, tokoh robot yang dimunculkan dalam buku ini tidak membutuhkan karakter yang terlalu menonjol. Yang dibutuhkan hanya identifikasi terhadap jenis kendaraan, perubahan tokoh saat menjadi robot dan senjata pamungkas tokoh tersebut. Dengan cerita yang singkat, saya coba memasukkan enam tokoh dalam satu buku, tentu dengan karakter berbeda. Keragaman karakter tokoh yang dimunculkan dalam buku, diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Mau tahu siapa saja tokoh-tokoh super hero tersebut?

Saya beri satu contoh, ya... Dalam buku ROBO PATROL, saya menampilkan tokoh dengan nama FAST AUTOCOP. Siapakah dia?




“Fast Autocop adalah pemimpin dari Robo Patrol yang bertugas untuk mengamankan kota Nobby. Berwarna biru metalik dan dilengkapi dengan sirine yang dapat meraung dengan kencang. Fast terlihat gagah saat patroli jalanan. Dengan sinyal yang canggih, Fast mengirimkan pesan kepada anak buahnya untuk bertindak. Suara menggelegar dan kilat menyambar, saat Fast melemparkan Jaring Halilintar untuk menaklukkan musuhnya. Karena keberanian Fast Autocop, kota Nobby menjadi kota yang aman dan tentram.”

Kira-kira, demikian gambaran, saat saya menyusun ke-16 tokoh, yang muncul dari tiga buku ini.
Seperti mempersiapkan anak yang baru lahir, pemberian nama tokoh robot juga punya tantangan tersendiri. Saya harus mencatat kandidat nama-nama dan menyeleksinya satu-persatu. Memberi nama tokoh memang pekerjaan yang gampang-gampang susah! Saya termasuk penulis yang selektif dalam proses ini. Sedapat mungkin, nama yang muncul sesuai karakter tokoh yang diinginkan. Nama-nama robot fantasi ini juga harus terdengar gagah dan enak terdengar. Untuk tokoh Fast Autocop yang digambarkan ilustrator dalam buku ini, penampakkannya seperti ini.

Selain cerita fantasi yang seru, kelebihan buku ini apa, ya?
Buku ini adalah buku jenis buku aktifitas. Jadi tidak hanya sekadar cerita fantasi saja yang ditampilkan. Melainkan aktifitas lainnya, yang dapat merangsang anak untuk mengembangkan imajinasi sesuai keinginannya.

Buku ini diharapkan bisa menjadi teman yang baik buah hati anda saat bermain dan belajar. Buku ini memang di desain untuk aktifitas anak. Harapan kami dalam menyusun buku ini, selain membaca, anak juga bisa lebih interaktif. Maka dipilihkan beberapa aktifitas yang menunjang, agar anak-anak sebagai pembaca, juga terlatih motoriknya. Aktifitas menempel stiker, contohnya. Sesuai teks, maka anak akan diminta menempel stiker dalam sebuah lebar cerita. Ia bebas menempelnya, sesuai dengan imajinasi anak yang terlintas saat itu. Selain itu, masih cukup banyak aktifitas menarik lain yang ada dalam buku ini.

Nah, jelas libur sekolah kali ini, buku aktifitas berstiker ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk menemaninya di rumah. Ketiga seri buku tersebut adalah :


  • Seri 1 : ROBO PATROL

  • Seri 2 : DRONE CROSS

  • Seri 3 :  RIVER SQUAD


Ingin tahu, kedelapan belas nama tokoh heroik, yang saya munculkan dalam buku 3 buku seri ini? Anak-anak pasti akan suka dengan buku ini. Ah, rasanya tidak bijak juga menjadi spoiler dalam buku karya sendiri! Jadi silahkan berburu buku yang heroik ini, ya! Bukunya akan segera terbit dan ada di toko buku terdekat dikota anda.

Salam menulis!

0 Response to "PROSES KREATIF : BUKU SERI ROBOT "ROBO PATROL" "

Post a Comment